10 Komputer Super Paling Mahal Di Dunia. Part 1

Masih ingatkah dengan atlas?
Ya, atlas adalah komputer super perdana yang muncul pada awal tahun 60-an. Atlas diinstal di Universitas Manchester. Dibanding dengan dekstop komputer biasa zaman sekarang, super komputer tersebut sedikit lebih ‘bandel’.
Sejak saat itulah, komputer terus mengalami perkembangan. Penemuan demi penemuan makin membuat pendahulunya makin tertinggal. Super komputer zaman sekarang diukur dalam PetaFLOPS, yaitu proses kecepatan yang setara dengan sejuta milyar atau ratusan trilyun operasi per detik.
Alat ini sangat berguna bagi para ilmuwan atau ahli meteorologi. Baik itu untuk meramal cuaca atau global warming, merangsang perkembangan aktivitas otak, mengetahui efek global warming, mengembangkan teknologi nuklir dsb.
Berikut ini kami sajikan 10 superkomputer paling mahal. Kriterianya tidak hanya oleh kecepatannya saja, sebab kecepatan itu sifatnya fluktuatif. Yang 10 ini begitu mengesankan, lebih lagi harganya memang begitu tinggi.
Apa saja? Jom!
10. IBM Roadrunner (Amerika Serikat)
komputer termahal di dunia, komputer termahal di dunia 2014-2015-2020, komputer termahal dan tercanggih, komputer termahal di dunia, komputer termahal di dunia saat ini sepanjang masaIBM membuat “the roadrunner” ini untuk Laboratorium Nasional Los Alamos di New Mexico, Amerika Serikat. Dioperasikannya pada tahun 2008. Alat ini didesain untuk penampilan maksimal sebesar 1,7 petaFLOPS. Lalu pada 25 Mei 2008, benda ini kemudian bisa mencapai angka 1,026 FPLOPS. Karena itu, “the roadrunner” jadi TOP500 Linpack perdana yang menopang sistem 1.0 petaflops. Masih di tahun yang sama, tepatnya di bulan Nevember, alat ini meraih top performanya sebesar 1,456 FPLOPS. Ia pun langsung menduduki puncak di list TOP500.
Di tahun 2008 itu, menurut data Supermicro Green500, ini jadi “the roadrunner” jadi superkomputer dengan energi paling efisien ke-4 di dunia. Pada 31 Maret tahun 2013, tampilan superkomputer ini makin maju. Ukurannya jadi lebih kecil, energinya makin efisien serta namanya menjadi Cielo. Adapun harganya yaitu 130 juta dollar atau sekitar 1,7 trilyun rupiah.
9. Vulcan BlueGene/Q (Amerika Serikat)
komputer termahal di dunia 2014-2015-2020, komputer termahal dan tercanggih, komputer termahal di dunia, komputer termahal di dunia saat ini sepanjang masa, komputer termahal di duniaIBM menciptakan vulcan untuk DoE dan untuk ditempatkan di Laboratorium Nasional Lawrence Livermore di Livermore, California, Amerika Serikat. Vulcan adalah sebuah superkomputer dengan sistem 24-rack. Ia memiliki 5 PetaFLOPS dan menurut Top500.org, superkomputer ini masih menduduki posisi ke-9 untuk kategori yang tercepat di dunia. Harganya dipatok sebesar 100 juta dollar atau sekitar 1,33 trilyun rupiah.
Berdasarkan proyek IBM, yang satu ini merupakan generasi ketiga. Sebelumnya ada BlueGene/L dan BlueGene/P. Generasi ini diklaim mampu beroperasi dengan kecepatan sekelas PFLOPS, serta dengan konsumsi daya yang cukup rendah. Benda ini digunakan untuk penelitian dalam Bidang Biologi, fisika plasma, sistem molekular, iklim atau cuaca dsb. Termasuk untuk melancarkan misi DoE dan NNSA (National Nuclear Security Administration).
8. SuperMUC (Jerman)
komputer termahal dan tercanggih, komputer termahal di dunia, komputer termahal di dunia saat ini sepanjang masa, komputer termahal di duniaSuperkomputer ini masih menduduki kategori yang tercepat urutan ke-14 di dunia. Kalau di Jerman, posisinya ada di runner up, di bawah JUQUEEN. Adalah LRZ (Leibniz Supercomputing Centre) yang mengoperasikannya, tepatnya di Bavarian Academy of Sciences yang ada di Munich, Jerman.
IBM yang menciptakan sistemnya, beroperasi dalam Linux, yang terdiri dari 19.000 intel dan prosessor Westmere-EX, dengan ukuran di atas 3 PFLOPS. Sistemnya sudah dikembangkan IBM, dikenal juga dengan ‘aquasar’ atau semacam bentuk pendinginan. Tepatnya menggunakan air panas untuk mendinginkan prosesessor. Desain tersebut mampu memotong pemakaian listrik sebanyak 40%.
Para ilmuwan Eropa menggunakan benda ini untuk beberapa bidang. Baik medis, analisis genom, simulasi gempa bumi, kehidupan ilmuwan, kimia komputer, astrophysics dsb. Harganya 111 juta dollar atau sekitar 1,47 trilyun rupiah.
7. Trinity (Amerika Serikat)
komputer tercanggih di dunia, komputer tercanggih 2015-2020, komputer tercanggih masa kini, komputer tercanggih masa depan, komputer tercanggih 2016Pemerintah Amerika Serikat merancang superkomputer ini untuk NNSA (National Nuclear Security Administration). Trinity bertugas menjaga gudang nuklir mereka agar tetap aman, terjaga dan efektif. Superkomputer ini jadi usaha gabungan antara Laboratorium Nasional Sandia dan Los Alamos. Mereka merupakan bagian dari agenda Peningkatan Simulasi dan Program Komputer NNSA. Untuk harganya sendiri, Trinity dibanderol sebesar 174 juta dollar atau 2,3 trilyun rupiah.
6. Sequoia BlueGene/Q (Amerika Serikat)
komputer tercanggih masa depan, komputer tercanggih 2016, komputer tercanggih di dunia, komputer tercanggih 2015-2020, komputer tercanggih masa kiniLagi-lagi IBM yang mengembangkan superkomputer ini. Tepatnya pada Bulan Juni Tahun 2012 di Laboratorium Nasional Lawrence Livermore. Dan lagi-lagi, tujuan pembuatannya adalah untuk NNSA, masih bagian dari agenda Peningkatan Simulasi dan Program Komputer. Berdasarkan TOP500.org, superkomputer ini jadi yang tercepat ke-3 di dunia. Ukurannya sebesar 20 FLOPS. Dengan kata lain, ia memiliki kalkulasi 20 trilyun per detik.
Sequoia ini jadi yang perdana yang bisa melampaui performa 10 petaFLOPS, serta pernah memecahkan rekor atas aplikasinya dan sistemnya yang begitu maju. Contohnya saja “the cardiodid code”, proyek yang menggunakan model elektrofisiologi dari jantung manusia. Hasilnya sebesar 12 FPLOPS dengan simulasi real-time-nya. Kegunaan lain dari superkomputer ini yaitu untuk mempelajari genom manusia, astronomi, perubahan iklim, energi dan tentu saja senjata nuklir. Alat ini bisa dibeli dengan harga 250 juta dollar atau sekitar 3,31 trilyun rupiah.
5. ASC Purple (Amerika Serikat). Lanjut ke => Part 2


Mau Informasi lebih lagi, ini dia => Serba 10 (sepuluh) yang Menarik, Keren, dan Unik di Dunia.

Sosial Shere

>

Entri Populer

Flag Counter