Tips Menghindari Pembegalan Motor

Akhir-akhir ini sering terjadi tindakan pembegalan dijalanan dan hal ini sangat meresahkan bagi pengendara kendaraan bermotor. Bagi kamu yang setiap hari memakai kendaraan bermotor, entah itu ke sekolah, jalan-jalan atau kegiatan lain perlu berhati-hati.
Begal merupakan tindakan kriminal dengan cara melakukan perampasan suatu barang baik itu kendaraan, ataupun barang yang dimiliki orang lain. Pembegalan banyak menyebabkan jatuhnya korban jiwa. Korban yang menjadi target pun, tanpa menyadari masuk ke perangkap para tersangka dengan berbagai trik. Misalnya, saat kamu sedang mengendarai kendaraan roda dua di jalanan yang sepi dan cukup gelap. Tak beberapa lama kemudian di depannya ada tampak satu pengendara yang sepertinya baru terjatuh dari motornya. Karena sudah menjadi hal yang manusiawi, kita pun menolong orang tersebut. namun ternyata, pertolongan tersebut menjadi celah bagi mereka untuk melakukan aksi perampasan.
Kasus diatas perlu kita hindari. Bagaimana caranya? Berikut beberapa tips yang bisa membantu dan diterapkan agar terhindar dari pembegalan motor.
  • Perhatikan Kendaraan Sekeliling Kita
Selalu waspada dan lihat jalur yang kamu lewati. Selain itu, pastikan jalanan yang kamu lalui, apakah jalan yang kamu lewati ramai atau tidak. Bila sepi jangan lewat situ, cari jalan lain. Dan bila ingin potong jalan dipertimbangkan terlebih dahulu dari sisi keamanan.
  • Informasikan Perjalanan Kepada Teman atau Keluarga
Jika kamu ingin pergi keluar, jangan lupa untuk beri kabar kepada teman atau keluarga dirumah. Tujuannya, agar teman atauu keluarga dapat memprediksikan jarak tempuh dan lokasi yang kamu tempuh.
  • Hindari Jalan Sepi dan Gelap
Jika jalanan yang kamu lewati gelap dan sepi, sebaiknya kamu mencari teman pengendara motor lain atau kendaraan mobil. Setidaknya bila kita menyusuri jalan gelap atau sepi ada partner yang jalan bersama.
  • Hindari Menelpon Saat Berkendara
Menelpon dijalan saat berkendara sering dilakukan oleh para pengendara baik motor atau mobil. Menelpon saat berkendara tidak baik, karena dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan. Sebaiknya hindari menelpon saat berkendara, tak hanya membahayakan kita tapi juga orang lain. 

0 komentar:

Posting Komentar

Sosial Shere

>

Entri Populer

Flag Counter