5 Pekerjaan Sampingan yang Cocok Bagi Mahasisiswa

Kalau diperhatikan sekarang ini tak sedikit mahasiswa yang kuliah sambil bekerja. Entah itu karena untuk menambah biaya kuliah atau sekedar menambah uang jajan. Kamu bisa kerja sampingan dengan tidak mengganggu kuliah. 

Berikut ini pekerjaan sampingan yang umum dilakukan oleh mahasiswa. Pekerjaan ini umumnya memiliki waktu yang fleksibel. Itulah sebabnya cocok bagi mahasiswa yang sudah disibukkan oleh tugas-tugas kuliah.
  • Guru Les 
Bila kamu memiliki kemampuan untuk menguasai materi sekolah dari SD-SMA, kamu bisa menjadi guru les. Misalnya kamu menguasai pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika. Dua pelajaran ini umumnya banyak dicari para orangtua untuk mengajarkan anak-anaknya. Untuk menjadi guru les, kamu bisa menawarkan jasa secara independen. Maksudnya kamu bisa langsung menawarkan jasa pada calon pelanggan, tanpa peranta. Cara lain, kamu bisa ikut lembaga les yang ada di daerahmu.
  • Jaga Warnet 
Jaga warnet merupakan pekerjaan yang tidak mengganggu kuliah. Jika kamu kuliah pagi, kamu bisa jaga warnet malamnya. Hanya saja, jaga warnet memang menyita waktu. Kamu harus bisa membagi waktu kuliah, kerja dan istirahat. Untuk menjadi penjaga warnet, tentunya kamu harus memiliki kemampuan yang berhubungan dengan internet dan pelayanan yang baik. Keuntungan jaga warnet, kamu bisa menyelesaikan tugas yang berhubungan dengan internet. Jadi kamu bisa internetan gratis. Enak bukan!
  • Bisnis Pulsa 
Tak sedikit mahasiswa yang memiliki bisnis jual pulsa ke teman-teman dan dosennya.Bisnis ini bisa dilakukan siapa saja tak hanya mahasiswa bahkan anak sekolah juga ada yang menjual pulsa. Saat ini sudah banyak penyedia jasa pengisian pulsa di internet. Untuk menjual pulsa tak perlu konter, cukup hape dan modal untuk saldonya. Melihat seperti itu, kamu tetap bisa jualan walaupun lagi di jalan.

  • Writer 
Kamu punya hobi menulis? Kamu bisa menyalurkan bakatmu dengan menjadi penulis lepas (freelance) baik di media online atau media cetak. Biasanya kamu diminta untuk menulis beberapa artikel dengan ketentuan tertentu. Kamu dibayar untuk setiap artikel yang diterimanya.
  • Jualan di Toko Online 
Sekarang sudah banyak orang yang menjual barang-barang di social media. Cara ini selain cepat dan mudah dilakukan oleh siapa saja termasuk mahasiswa. Yang kalian perlukan hanyalah foto dan keterangan dari barang-barang tersebut. cara ini biasanya juga digunakan oleh yang mau menjual barang-barang second-nya. Tertarik untuk mencobanya? Kamu bisa menjual barang yang lagi hits misalnya baju korea, topi, dll. (***)

0 komentar:

Posting Komentar

Sosial Shere

>

Entri Populer

Flag Counter