4 Cara agar kamu terbiasa hidup hemat

Saat sekolah mungkin sebagian besar dari kalian mendapatkan uang saku dari orang tua, ada juga yang mendapatkan uang saku dari bekerja atau memiliki usaha. 
Namun yang cukup penting untuk diperhatikan yaitu bagaimana kalian mengelolanya. Apa kalian menyadari semakin besarnya pengeluaran yang harus kita persiapkan saat ini namun pemasukan yang kita dapat tidak mampu mengimbanginya. Berikut ini tips bagi para pelajar untuk mengontrol keuangan kalian.
  • Buat Perencanaan Keuangan
Buat list sumber pemasukanmu mulai dari gaji dari pekerjaan sampingan, uang saku dari orangtua, serta tabunganmu dan jangan lupa untuk membuat daftar pengeluaran tetap mu selama satu bulan ke depan termasuk uang makan dan untuk membeli baju atau buku sekolah.

  • Memisahkan Antara Keinginan dan Kebutuhan
Jika ongkos kamu Rp 10 ribu per hari, sebagian bisa kamu tabungin untuk kebutuhan lain, membeli peralatan sekolah misalnya. Cobalah kendalikan hawa nafsumu atas keinginan berbelanja baju atau membeli voucher game karena ada banyak kebutuhan yang harus kamu penuhi dengan budget yang kamu persiapkan.
  • Kurangi Berpergian dengan Kendaraan Bermotor
Banyak pelajar menggunakan kendaraan bermotor dalam  aktivitas sehari-harinya. Untuk menghemat biaya alangkah baiknya jika kamu mengurangi frekuensi waktu berpergian setelah jam sekolah berakhir. Jika harus ke luar ke rumah teman untuk jarak yang dekat kamu bisa menggunakan sepeda selain lebih irit kamu juga bisa lebih sehat.
  • Bawa Bekal Makan Siang
Salah satu pengeluaran yang cukup besar adalah biaya makan, namun hal tersebut bisa disiasati dengan membawa makanan sendiri dari rumah. Dengan membawa bekal sendiri maka kamu bisa mengurangi hampir 50% pengeluaran harianmu serta makanan yang kamu bawa pastinya lebih terjamin gizi dan kebersihannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Sosial Shere

>

Entri Populer

Flag Counter