Mengapa Remaja Sulit Bangun Pagi?

Apakah kamu tipikel orang yang sulit bangun pagi sehingga membuat kamu terkadang menyuruh orang rumah untuk membangunkan kamu di pagi hari untuk sholat dan sekolah? Tapi tetap saja kamu masih sulit untuk bangun. Ini yang terkadang membuat orangtua frustasi meliha kondisi anak remaja susah bangun pagi. 

Anak remaja membutuhkan waktu tidur 9-10 jam sehari. Sebanyak 30 persen remaja mengalami gangguan tidur. Usia remaja ini berkisar 10-18 tahun. Hal ini dikarenakan anak mengalami pubertas. Biasanya tubuh remaja akan mengalami pergeseran waktu tidur malam sekitar 2 jam dan kebanyakan tidak akan bisa tidur di bawah jam 11 malam. 

Itulah yang menyebabkan remaja kesulitan bangun pagi. Karena jadwal tidurnya lebih larut sementara kebutuhan tidurnya 9 jam yang membuat kita menjadi sulit bangun pagi. Seharusnya kamu sudah masuk kamar maksimal jam 9 malam. 

Agar terhindar dari susah bangun pagi sebaiknya kamu tidak membiasakan diri untuk minum-minuman kafein, tidur di depan TV, tidur dengan cahaya terang juga memicu kamu semakin susah tidur malam. Selain itu, kamu bisa mengisi kegiatan dengan esktrakurikuler seperti olahraga atau kegiatan seni akan bagus buat remaja, sehingga ketika malam tubuhnya akan cepat tertidur karena sudah kelelahan. 

Membuat jam tidur malam yang teratur buat remaja mungkin sulit, tapi dengan membiasakan memiliki jam tidur teratur akan membantu mengatasi remaja memiliki jam tidur yang baik. Remaja yang kurang tidur akan berpengaruh terhadap emosinya yang menjadi gampang marah dan mudah dipengaruhi hal-hal negatif. (***)

0 komentar:

Posting Komentar

Sosial Shere

>

Entri Populer

Flag Counter