5 cara Untuk Mengontrol Waktumu

Waktu merupakan suatu hal yang tidak akan pernah kembali lagi, dan seringkali kita menyia-nyiakan waktu yang kita miliki untuk hal-hal yang tidak penting. Tetapi apakah kamu tahu begitu banyak para penemu dan ilmuwan yang memanfaatkan waktu mereka saat senggang untuk mengubah suatu hal ke arah lebih baik.
Pasti kalian mengenal Mark Zuckeberg dan facebook. Asal mula Mark mampu membuat sosial media facebook adalah saat berkuliah di Harvard dia memikirkan bagaimana para mahasiswa baru bisa saling berkenalan antara satu dengan yang lain. Dengan pemikiran itu akhirnya sekarang ia mampu menjadi seorang miiarder muda.
Apakah kalian juga mau menjadi seperti Mark dengan facebooknya? kuncinya mudah saja, kontrol waktu mu sehingga tak ada yang akan sia-sia. Berikut ini 5 cara untuk mengontrol waktumu :
  • Buat Catatan
Buat minimal 10 hal yang harus kamu lakukan setiap harinya dan juga 10 hal yang ingin kamu lakukan jadi kamu tahu apa yang menjadi tujuanmu. Hal yang perlu ditambahkan adalah beri penghargaan untuk dirimu jika mampu menyelesaikannya.
  • Jangan Takut untuk Mengatakan "Tidak"
Saat sedang belajar ataupun mengerjakan hal penting seringkali gangguan datang seperti teman mengajak main game atau hanya sekedar jalan-jalan ke mall. Apakah kamu berani untuk mengatakan tidak pada teman mu? Jika kamu berani itu menandakan kamu memiliki komitmen pada apa yang harus kamu capai.
  • Temukan Kapan Waktu Produktifmu
Apakah kamu orang yang selalu bangun di pagi hari dan melakukan banyak hal sebelum sekolah? atau kamu adalah tipe orang yang melakukan banyak hal sebelum tidur malam mu? semua itu tidak salah menentukan waktu produktifmu bisa mendapatkan hasil yang baik untuk hal yang kamu lakukan . tetapi jangan lupa tetap jaga kondisi tubuh serta beristirahat yang cukup.
  • Jadwalkan Waktumu untuk Belajar
Berhubungan dengan poin nomer 1  waktu belajar adalah waktu yang harus kamu tentukan bukan jika ada kesempatan. Persiapkan waktu hanya untuk belajar dan mengerjakan tugas sekolah, jauhkan segala gadget dan balas semua panggilan atau pesan saat kamu telah selesai mengerjakan tugas mu.
  • Kalkulasikan Waktumu
Setelah kamu mampu menyusun list apa yang harus dilakukan dan ingin dilakukan jangan lupa untuk menempatkan waktu istirahat. Otak dan tubuh butuh istirahat setelah banyak beraktifitas jadi jangan lupa untuk beristirahat. 

0 komentar:

Posting Komentar

Sosial Shere

>

Entri Populer

Flag Counter